Translate

2013/04/03

Tips Menstabilkan Tegangan Listrik

ups-avr
Bicara mengenai Listrik bukanlah hal yang mudah untuk dibicarakan apalagi listrik tidak terlihat dengan kasat mata, tapi efek dari adanya listrik tersebut bisa dirasakan manfaatnya untuk mensuplay peralatan elektronika, seperti komputer, radio, gateway link, Televisi dan masih banyak lagi lainnya dan listrik juga bisa mebahayakan jika terkena sengatan listrik tersebut.

Tips dan trik menstabilkan tegangan listrik, sebenarnya bukan mudah untuk menstabilkan tegangan listrik apalagi jika perubahan naik turunnya drastis, untuk saat ini banyak peralatan elektronik yang dibuat untuk dapat menanggulangi tegangan listrik yang naik turun, seperti AVR dan UPS.

UPS (Uninterrupable Power Supply)
Umumnya perangkat ini digunakan untuk menyimpan muatan listrik sementara, pada saat listrik PLN mati perangkat UPS inilah yang bekerja untuk mensuplay tegangan listrik selama cadangan tegangan batrey masih mencukupi untuk menghidupkan rangkaian convert DC ke AC, biasanya dipergunakan untuk komputer dan beberapa peralatan elekronika yang lainnya yang membutuhkan catu daya selama 24 jam seperti di ruangan server, pancar ulang, BTS provider telekomunikasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

ups


AVR(Auto Voltage Regulator)
Perangkat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang naik turun, untuk avr yang banyak dijual dipasaran biasanya ada dua jenis yang menggunakan relay dan ada juga yang menggunakan motor. sejauh ini menurut saya AVR yang baik untuk digunakan yang didalamnya menggunakan motor karena lebih akurat, jika dibandingkan yang menggunakan relay. biasanya yang menggunakan motor harganya lebih mahal, lebih berat dari AVR relay.

stavol



stavol avr

Untuk saat ini UPS pun ada yang sudah dilengkapi dengan AVR didalamnya agar tegangan yang keluar juga tetap stabil, ketidak stabilannya tegangan listrik bisa menyebabkan rusaknya peralatan elektronik yang ada dirumah.

Apa penyebab listrik tidak stabil (naik turun)
  • Dari Sumber awal listriknya Seperti PLTD misalnya, kecepatan putar mesin untuk menggerakkan Generator tidak stabil berubah-ubah.
  • Banyaknya beban listrik yang harus disupply dalam satu jaringan.
  • Jarak antara Generator dengan beban jauh, 
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya
Apalagi yang rumahnya tinggal berdekatan dengan perusahaan besar yang sama-sama menggunakan Jaringan PLN, rumah yang berdekatan dengan bengkel las juga biasanya akan merasakan efek dari naik turunnya tegangan listrik karena mesin las itu membutuhkan daya yang besar apalagi satu jalur,

Tipsnya gunakan AVR yang berdaya besar agar dapat membantu memperbaiki tegangan listrik, tapi sebenarnya cara ini hanya sementara selama jaringannya tidak diperbaiki oleh pihak PLN, jikalau perubahan tegangan yang terjadi secara terus menerus maka yang akan rusak itu adalah stavolnya,
You might also like:
Tegangan Listrik PLN Naik Turun Tidak Stabil
Fungsi Transformator Step Up Step Down
Power Supply Radio Switching Komputer
Cara Membuat Adaptor dan

1 ulasan:

HADISUMARNA berkata...

bisa rakit inverter dengan daya masukan 220 v keluaran 56 v ct?