Translate

2013/04/03

fungsi avr genset

 

Saya tuliskan sebatas kemampuan saya:
Fungsi AVR adalah untuk stabilisasi tegangan keluaran alternator. Bukan frekuensinya, karena frekuensi tergantung oleh putaran engine.

Bagaimana proses stabilisasinya? Mari kita lihat cara kerja alternator.
1. Alternator membangkitkan tegangan dengan cara, memutar magnet di deket kumparan.
2. Akibatnya kumparan tersebut terinduksi elektromagnetik yang akhirnya mengeluarkan tegangan.
3. Tegangan keluaran dipengaruhi oleh: Kuat medan magnet, Banyaknya kumparan, kecepatan putar magnet.

Ok, disini kita lihat bahwa banyaknya kumparan sudah pasti (fixed), dan kecepatan putar juga sudah pasti (frekuensi tetap). Satu-satunya cara mengatur tegangan output yang termudah dengan mengatur kuat medan magnet.

Nah, itulah mengapa magnet yang digunakan dalam alternator biasanya menggunakan magnet elektrik (magnet yang dihasilkan oleh listrik). Dengan magnet listrik, maka kuat medan magnet akan bisa bervariasi berdasarkan daya yang diberikan kepada magnet listrik itu. makin besar daya yang diberikan kepada magnet lsitrik, makin kuat sifat magnetnya. Dan hasil akhirnya, makin tinggi tegangannya.

AVR disini berfungsi untuk memberikan daya (dalam kasus ini biasanya arus) pada magnet listrik yang besarnya bervariasi disesuaikan menurut kondisi. Jika tegangan output cenderung turun (akibat beban yang berat) maka AVR akan memberikan arus yang besar kepada magnet listrik. Demikian juga sebaliknya. Jadi tegangan output akan cenderung stabil, tidak lari kemana2 :D

AVR ini memiliki input sensor tegangan dari keluaran alternator dan outputnya arus yang menuju magnet listrik. Secara real, biasanya magnet listrik ini berupa rotor. Dan kumparan biasanya berupa stator. Dimana konstruksinya rotor berputar didalam stator.

AVR biasanya dibuat dalam bentuk yang kompak dan rigid, karena dia harus handal dalam segala kondisi. Tak heran jika dia diproteksi sedemikian rupa (biasanya di cor oleh resin) untuk melindungi komponen didalamnya. Efek negatifnya memang susah untuk memperbaiki AVR ini, tetapi sepengetahuan saya, AVR ini jarang rusak kok.

Skema AVR saya tidak punya, cara memperbaiki juga nggak ada pengalaman. Menurut saya mending cari2 AVR bekas di loakan. Karena biasanya masih jalan dengan bagus walaupun alternatornya sudah rusak...

Tiada ulasan: