Translate

2013/04/01

INVERTER 12V DC KE 220V AC

INVERTER 12V DC KE 220V AC


Daftar alat:
(1) Trafo ct 5a atau lebih
(2) Tr 2n3055 dua buah
(3) Resistor 1kohm dua buah.
(4) kabel secukup nya
Rangkaian inverter di atas adalh contoh rangkaian inverter sangat sederhana dan dapat di rangkai dgn biaya yg cukup murah..
rangkaian inverfter di atas dapat di gunakan untuk menaikan tegangan dari 12v dc ke 220v ac.hasil tegangan output dapat di gunakan untuk meng hidupkan lampu,tv,cd dan peralatan listrik lainnya tergantu besar daya inverter nya.. Besarnya daya yg di hasilkan sebuah inverter tergantung pada:
(1)Besarnya daya suplay
misalnya accu 60A,7A,5A.besar nya daya yg di catukan akan berpengaruh pada lama atau ketahan inverter menyala..maka smakin besar ukuran aki maka smakin lama juga inverter dapat bertahan hidup..dan sebalik nya smakin kecil maka semakin cepat pula aki habis..
(2) Ukuran trafo
ukuran trafo jg sangat berpengaruh dengan daya yg di hasilkan karena smakin besar deameter kawat tembaga pada lilitan trafo maka smakin besar pula daya yg bisa di transformasikan .
(3)jumlah transistor final
transistor final adalah penentu ahir system switching pada sebuah inverter
semakin banyak jumlah transistor yg di susun paralel maka smakin besar daya swtching yg di transformasikan ke trafo..untuk menambh daya maka tambah kan transistor dgn jenis yg sama.
jenis transistor bisa di ganti dgn jenis yg lain misalkan buatan sanken...dgn spec..mampu menswitch daya yang besar..
untuk meredam panas pada transistor saat inverter di nyalakan maka tempat kan transistor pada heatsink..(keping pendingin)
catatan: sebaik nya headsink ada dua buah kiri dan kanan...karena antara pin colektor transistor kanan dan kiri tidak boleh terhubung(lihat gambar diatas)
rangkaian inverter diatas mengahasilkan tegangan gelombang persegi..oleh sebab itu kurang cocok apabila di gunakan untuk menyalakan peralatan elektronik dan motor induksi..inverter di atas sangat cocok di gunakan sebagai suplay penerangan misalkan lampu emergensy...
apa bila inverter di atas akan di gunakan untuk menyalakan peralatan elektronik maka pada output nya di beri kapasitor ac sebagai filter untuk meredam nois yg akan masuk kerangkaian eletonik.
di sini saya menggunakan kapsitor 2,5mf 400v bekas kipas angin dan kalau nois dirasa masih kencang tambahkn lg satu buah kapasitor lagi''
atas kekurangan jenis inverter di atas maka sy sendiri tidak lg menggunakan inverter jenis ini sy lebih memilih inverter frequensi tinggi oya inverter ini menghasilkan gelombang listrik sinus jadi aman sekali buat peralatan elektronik.seperti tv,vcd sound system dll.tanpa nois,ukurannya mungil sangat ringan tp daya besar...dan tentunya lebih hemat dari pada jenis inverter yg menggunakn trafo konfesional kalau ada yg berminat hubungi saya di nomor tlpn di halaman atas blog ini harga yg 1000watts di jual 450 ribu sudah termaksud ongkos kirim
Catat Ulasan